IMG-20170118-WA0000
KULIAH PAKAR AKADEMI KEBIDANAN PRIMA INDONESIA

KULIAH PAKAR AKADEMI KEBIDANAN PRIMA INDONESIA

“DETEKSI DAN INTERVENSI DIN KETULIAN PADA ANAK”

DIES NATALIS KE-X

AKADEMI KEBIDANAN PRIMA INDONESIA

 

LATAR BELAKANG

IMG-20170117-WA0009Kesehatan Indera pendengaran merupakan syarat penting bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia karena sebagian besar infomasi diserap mulalui proses mendengar yang baik bagi anak fungsi pendengaran berpengaruh dalam perkembangan bicara dan berbahasa, sosialisasi dan perkembagan kognitifnya. Gangguan pendengaran berbeda dengan cacat yang lainnya dimana pada bayi/anak yang mengalami gangguan pendengaran sering kali tidak terdeteksi atau tidak segera diketahui  baik oleh orang tua sendiri, kelainan ini disebut juga sebagai “the Invisible disability”. Gejala awal sulit diketahui karena ketulian tidak terlihat. Biasanya orang tua baru menyadari adanya gangguan pendengaran pada anak bila tidak ada respons terhadap suara keras atau belum terlambat berbicara. Oleh karena itu informasi dari orang tua sangat bermanfaat untuk mengetahui respons anak terhadap suara dilingkungan rumah, kemampuan vokalisasi dan cara mengucapkan kata.

Pengenalan (deteksi) adanya ketulian yang dini kemudian ditangani (intervensi) yang dini akan meningkatkan kemampuan anak untuk berbahasa dan bebicara. Karena pada tahun-tahun pertama kehidupan (0 – 3 tahun), merupakan masa perkembangan bahasa dan bicara yang paling kritis. Penelitian membuktikan bahwa pada masa-masa tersebut kualitas stimulasi pendengaran berpengaruh pada perubahan-perubahan anatomis, fisiologis dan tingkah laku yang diakibatkan oleh perkembangan sistem pendengaran. Keterlambatan dalam diagnosisnya berarti pula terdapat keterlambatan untuk memulai intervensinya dan akan membawa dampak serius dalam perkembangan selanjutnya yang dikemudian hari akan menambah beban keluarga, masyarakat maupun Negara.

Oleh karena itu deteksi dan intervensi sejak dini sangat penting untuk diperhatikan dan perlu segera dilakukan. Salah satu upaya untuk menemukan kasus bayi dengan gangguan pendengaran adalah dengan melakukan pemeriksaan pendengaran pada awal-awal usia bayi, terutama yang terdapat kecurigaan adanya gangguan pendengaran dan juga pada kelompok bayi dengan resiko tinggi.

Kejadian kasus gangguan pendengaran yang sedang sampai berat rata-rata terdeteksi pada usia 20-24 bulan. Pada kasus gangguan pendengaran yang ringan ditemukan rata-rata usia 48 bulan. Bahkan pada kasus gangguan pendengaran yang unilateral baru dapat diidentifikasi pada usia sekolah. Banyak peneliti yang mengemukakan bahwa intervensi dini dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam kemampuan berbicara dan berbahasa. Penanganan kasus gangguan pendengaran yang lebih dini dilakukan terbaik dibawah usia 6 bulan. Angka kejadian gangguan pendengaran berkisar antara 1 sampai 3 kejadian setiap 1000 kelahiran hidup. Angka tersebut dapat meningkat 10 sampai 50 kali lipat bila dilakukan survey pada kelompok dengan resiko tinggi.

Untuk itu dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-X Akademi Kebidanan Prima Indonesia tahun 2016“ Kuliah Pakar” yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Akbid Prima Indonesia dengan jumlah 186.

 

NAMA KEGIATAN

“Kuliah Pakar”

TEMA KEGIATAN

       “Deteksi Dan Intervensi Dini Ketulian Pada Anak “

MAKSUD DAN TUJUAN

  • Memperingati Dies Natalis Akademi Kebidanan Prima Indonesia dengan kegiatan yang bermanfaat
  • Melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat
  • Mempererat tali silaturrahmi keluarga besar Akademi Kebidanan Prima Indonesia
  • Terwujudnya hubungan yang serasi dan harmonis antara unsur-unsur dalam kepengurusan Yayasan Ananda Prima Indonesia, Staff dosen dan organisasi Mahasiswa
  • Makin berkembangnya kegiatan kemahasiswaan sebagai penyeimbang kegiatan belajar mengajar dalam upaya membentuk tenaga kesehatan professional dengan pribadi yang matang dalam menghadapi era persaingan di era globalisasi.
  • Dalam deteksi dini adanya ketulian kemudian diintervensi yang dini akan meningkatkan kemampuan anak untuk berbahasa dan berbicara
  • Semakin meningkatkan kegiatan deteksi dini dan penatalaksanaan gangguan pendengaran pada anak
  • Mahasiswa mampu mengembangkan teknologi tepat guna untuk pemeriksaan dan penanganan gangguan pendengaran.

 

MATERI DAN PEMBICARA

Deteksi dini dan intervensi ketulian pada anak
Oleh: dr. Sudjarwadi, Sp.THT-KL
TIM DOKTER KOMDA PGKT KOTA BEKASI

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Seminar kuliah pakar akan dilaksanakan pada 03 Desember 2016 di Akademi Kebidanan Prima Indonesia.

Category : Tak Berkategori


Contact

Office

AKADEMI KEBIDANAN PRIMA INDONESIA
Terakreditasi BAN-PT No : 018/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/VII/2012
Jl. Bintara Raya No. 4B Bintara Bekasi Barat

Telp
  • (021) 884 6354

fax
  • (021) 884 6354

Email
  • info@akbidprima-Indonesia.ac.id
Website

Office

Jl. Sultan Agung No.173 Kota Bekasi Kode Pos 17133

Telp
  • 021-8854338

Email
Website

Office

Jl. Raya Babelan KM. 9,6 Babelan Bekasi Utara Kabupaten Bekasi

Telp
  • 021-89134507

Email
  • info@stikesprimaindonesia.ac.id
Website

Subscribe

Name
Email *